Thursday, February 21, 2013

Teknik Dasar Bermain Gitar Bass

Gitar bass listrik ( biasa disebut bass listrik atau bass saja ) adalah alat musik gesek yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya . Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar , leher yang lebih panjang , dan biasanya memiliki empat senar ( dibandingkan dengan gitar yang memiliki enam senar ) .
Berat dari bass sendiri idealnya lebih berat daripada gitar listrik biasa, karena senar yang lebih tebal ( untuk menjaga kerendahan nada / suara ) yang menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan lebih sulit untuk menyeimbangkan tekanan pada leher ( neck gitar ) .
Selain itu resah ukuran ( kolom pada gitar ) lebih besar disesuaikan dengan panjang dari string ( skala ) .
Ada banyak jenis bass yang dipakai sampai sekarang . Bentuk yang paling banyak digunakan contra bass dan cello bass ( yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera ) , bass listrik ( biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band ) dan sama dengan fretless bass bass listrik tapi tidak ada fret ( kolom / pembatas pada papan tekan / neck ) pada bass . Prinsip kerja mirip dengan fretless bass kontra / cello bass hanya berbentuk gitar listrik .

String dan tuning ( Tuning )
* Empat senar
  Biasanya ditalakan ke " GDAE " , " GDAD " , " gdgd " , " DAEB " , " DADB (biasanya pola ini
  digunakan untuk underground musik / open D ) , " FCGD " atau " FCGC " Tapi ada juga
  Piccolo Bass memakai biasa pola " GDAE " tapi satu oktaf lebih tinggi
* Lima senar
  Biasanya ditalakan ke " GDAEB " , " FCGDA " tapi kadang-kadang " CGDAE " .
* Enam string
  Biasanya ditalakan ke " CGDAEB " , meskipun " EBGDAE " juga suka memakai .

Tuning di atas diurutkan berdasarkan string nomor ( string 1 , string 2 , dan seterusnya ) , di mana 1 adalah string string bawah gitar bass ( string tertipis ) .
Pemain bass memilih menggunakan lima -string bass dengan enam senar atau lebih karena luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkan . Bass enam senar jarang digunakan dari empat senar bass dan bass lima senar . Biasanya bass enam senar ini digunakan oleh banyak pemain bass jazz , walaupun tidak dipungkiri pemain adalah batu - beberapa memakainya , karena lebih luasnya jangkauan yang dapat dimainkan nada dan memungkinkan untuk bermain lead bass yang lebih bervariasi .

2 . Teknik Dasar Bermain Bass
Untuk mempercepat teknik dalam bermain bass tentu saja , kita harus tahu dasar - dasar dalam memainkan gitar bass . Berikut penjelasannya :


memetik Teknik
Teknik memetik dibagi menjadi beberapa bagian :
* Alternatif Picking : Teknik ini biasanya disebut teknik fingering sangat sering dimainkan oleh bassis dan mencakup semua dasar-dasar dalam bermain bass yaitu dengan memilih bass dengan dua jari atau 4 jari sampai bergantian .


* Up Down Thumb , teknik memetik biasanya menggunakan ibu jari untuk memetik senar bass . Teknik ini biasanya sering dimainkan oleh Gigi Thomas , Victor Wooten , dll .


* Menampar dan poping , teknik Slap adalah cara untuk bermain bass dengan ibu jari seperti menampar senar bass . Jika Anda sering mendengarkan lagu - lagu dari papper Red Hot Chili Anda mungkin akrab dengan teknik ini . Popping adalah teknik memainkan bass dengan menarik string dan kemudian melepaskannya dengan cepat sehingga string bertabrakan dengan fret . Teknik poping biasanya sering dikombinasikan dengan suara tamparan bass untuk mendapatkan karakter yang unik . Slap dan Pop teknik biasanya digunakan untuk streaming musik funky , Jazz , Blues , Rock and more .

3 comments:

AGL - Team said...

Salam kenal...mohon izinkan saya berbagi link untuk yg ingin belajar gitar secara lengkap dalam berbagai tehnik dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm Bhs. Indonesia GRATIS di www.gitarzoom.blogspot.com
trimakasih

CaraGitar said...

cara bermain bass memang susah susah gampang, tapi asalkan ada kemauan pasti ada jalan.

Unknown said...

yap bener dan tetep semangat

Post a Comment